Ciri Ciri Tahu yang Mengandung Formalin

Ciri ciri tahu formalin sebenarnya mudah diketahui, ini karena tahu sudah sering kita lihat di lingkungan kita.

Ciri Ciri Tahu yang Mengandung Formalin


Ciri Ciri Tahu yang Mengandung Formalin dan Cara Membuang Kandungan Pengawetnya

Ciri ciri tahu formalin sebenarnya mudah diketahui, ini karena tahu sudah sering kita lihat di lingkungan kita. Tahu merupakan sumber protein merakyat karena harganya sangat terjangkau. Sayangnya, ada oknum yang menambahkan formalin pada tahu agar tidak mudah busuk. Ciri-ciri tahu berformalin ini bisa kamu kenali dengan melihat fisik tahu dan mencium aromanya.

Kita harus bisa identifikasi formalin pada tahu. Keberadaan tahu yang mengandung formalin ini tentu sangat meresahkan karena bisa membahayakan kesehatan orang yang mengonsumsinya. Mengingat tahu adalah bahan makanan yang hampir setiap hari dikonsumsi, maka penting untuk mengetahui ciri-ciri yang mengandung formalin.

Menurut ahli, ciri tahu berformalin, yaitu teksturnya lebih keras dari tahu yang tak menggunakan formalin. Selain itu tahu berformalin lebih kenyal jika ditekan dan dapat bertahan selama lebih dari 10 hari jika tak dimasukan ke dalam mesin pendingin makanan.

Cara Mengetahui Tahu Berformalin

Agar bisa menghindari tahu yang mengandung formalin, kamu bisa mengenalinya dengan mengamati aspek-aspek berikut ini:

1. Periksa Tekstur Tahu

Selain warna, tentu saja tekstur antara tahu alami dengan yang berformalin akan cukup berbeda. Kamu bisa sedikit menekan-nekan permukaan tahu atau bahkan menggenggam dan meremasnya untuk merasakan teksturnya.

Tahu yang berformalin punya ciri yang lebih kenyal dan padat serta lebih sulit untuk dihancurkan. Bahkan saat dijatuhkan dari ketinggian setengah meterpun, ciri tahu yang berformalin akan membal dan tidak gampang hancur.

Berbeda dengan tahu yang alami dan bebas pengawet, maka bagian dalam tahu mengandung formalin terlihat padat walaupun halus. Jika ditekan sedikit saja, tahu alami justru akan sangat mudah untuk hancur. Sejatinya tahu alami memang merupakan bahan makanan yang sangat lembur dan mudah sekali untuk pecah atau hancur.

Tapi ingat ya, jangan sembarangan meremas-remas atau membanting tahu di tokonya langsung. Bisa-bisa nanti kamu kena marah dari penjualnya karena sudah membuat mereka rugi

 

2. Tidak Cepat Basi

Kandungan protein pada tahu sangat tinggi sehingga membuatnya cepat basi dan tidak tahan lama. Apabila kamu menyimpan tahu tanpa formalin dalam suhu ruangan, maka bisa tahan kurang dari satu hari. Sedangkan jika kamu menyimpannya dalam lemari es, bisa tahan hingga 3 hari.

Nah, jika kamu menyimpan tahu lebih dari 3 hari dalam suhu ruangan dan kondisi tahu masih baik-baik saja, hal ini patut dicurigai. Kamu bisa coba lanjut menyimpannya selama seminggu dan jika tahu tetap tidak berjamur dan tidak mengeluarkan bau busuk, maka sudah jelas ciri-ciri tahu berformalin.

 

3. Warna Lebih Cerah

Secara umum tahu di pasaran memiliki warna putih. Nah, kamu bisa mengetahui tahu tersebut mengandung formalin dengan mengamati warnanya. Warna tahu alami terlihat putih namun agak kusam. Sedangkan tahu formalin, memiliki warna yang lebih cerah.

Jika kamu mendapati tahu dengan warna putih bersih dan cerah, sebaiknya jangan membelinya. Memang dari segi penampilan lebih menarik, namun bisa mengancam kesehatan jika dikonsumsi.

 

4. Tahu Berformalin akan Keras Saat Dimasak

Cara terakhir membedakan antara tahu berformalin dengan yang alami adalah dengan memasaknya. Saat diiris atau dipotong-potong, tahu berformalin akan liat dan teksturnya tetap kokoh. Sejatinya tahu alami akan sedikit mudah hancur atau tercuil saat kamu memotongnya jadi beberapa bagian.

Tahu yang berformalin ketika digoreng bagian luarnya akan mengeras dan liat. Saat dibolak-balik di dalam wajanpun teksturnya tetap kokoh. Tentu saja berbeda dengan tahu alami tanpa formalin yang memang mudah hancur tapi renyah saat sudah matang digoreng.

 

5. Aroma Tahu

Kamu bisa mengenali ciri-ciri tahu berformalin dengan menghirup aromanya. Formalin merupakan zat kimia untuk pengawet atau obat hama dengan aroma khas menyengat. Saat akan memasak tahu, kamu bisa membau tahu tersebut apakah mengeluarkan aroma menyengat atau tidak.

Jika kamu tidak mendapati aroma menyengat dan tiga ciri yang sudah disebutkan di atas seperti rasa tahu berformalin, kamu bisa aman mengonsumsinya. Tahu alami akan mengeluarkan aroma khas kedelai yang merupakan bahan utama untuk membuat tahu.

 

Bahaya Tahu Formalin

Bagaimana jika tahu yang sering dikonsumsi mengandung formalin ? Tahu yang diberi formalin memang memberikan efek daya tahan atau awet lebih lama. Apalagi  harga pengawet ini terkenal cukup murah, gampang didapatkan di toko bahan kimia, dan memberikan ketahanan yang lama. Dengan begitu, produsen tahu dapat menghemat biaya produksi.

Pelajari cara menghilangkan formalin pada tahu, karen mengonsumsi tahu berformalin secara terus-menerus tentu bisa mengancam kesehatan karena formalin bukan pengawet untuk makanan. Di bawah ini merupakan risiko yang akan muncul jika mengkonsumsi tahu formalin:

 

1. Iritasi Kulit

Formalin mengandung senyawa kimia yang keras sehingga bisa mengiritasi kulit. Setelah mengonsumsi tahu formalin, seseorang bisa saja mengalami kemerahan pada kulit yang menandakan adanya iritasi.

 

2. Mandul pada Wanita

Bahaya yang tidak kalah fatal dari mengonsumsi tahu formalin yaitu menyebabkan kemandulan pada wanita. Supaya kamu bisa menghindari risiko ini, maka harus lebih cermat lagi saat membeli tahu dan bahan makanan lainnya.

 

3. Gangguan Pernapasan

Dampak langsung yang mungkin orang rasakan setelah mengonsumsi tahu formalin yaitu mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini karena aroma formalin yang menyengat dan bersifat destruktif.

Jangan lupa bahwa masih ada bahan pengawet tahu selain formalin. Risiko lain dari menghirup atau mengkonsumsi makanan yang mengandung formalin yaitu sakit kepala, batuk kronis, radang hidung, hingga gangguan tidur.

Demikianlah pembahasan ciri ciri tahu yang mengandung formalin. Semoga bermanfaat.

Ilmu Tahu
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.